Rabu, 25 Maret 2009

Taman Laut Wakatobi





























Terkenala dan sangat luar biasa itulah kata yang pas buat kawasan taman laut wakatobi.salh satu taman surga bawah laut terindah didunia yang ada di indonesia.Banyak wisatawan asing maupun lokal yang datang untuk menyelam dan melakukan banyak penelitian terhadap biota laut.
Wakatobi juga merupakan nama kawasan taman nasional yang ditetapkan pada tahun 1996, dengan total area 1,39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang; yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Taman Nasional Wakatobi memiliki potensi sumberdaya alam laut yang bernilai tinggi baik jenis dan keunikannya, dengan panorama bawah laut yang menakjubkan. Secara umum perairan lautnya mempunyai konfigurasi dari mulai datar sampai melandai kearah laut, dan beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Kedalaman airnya bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter dengan dasar perairan sebagian besar berpasir dan berkarang.
Tujuan wisata menyelam dengan salah satu terumbu karang terbaik di dunia di mana anda dapat melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dalam kenyamanan menyeluruh. Saat anda menikmati wisata menyelam terbaik anda membantu memastikan bahwa keajaiban bawah laut di daerah tersebut akan berada di sana hingga masa mendatang.
Taman nasional ini memiliki 25 buah gugusan terumbu karang dengan keliling pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km. Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili

Dapat ditempuh melaluibnayak jalan diantaranya ,dari Kendari ke Bau-bau dengan kapal cepat regular setiap hari dua kali dengan lama perjalanan lima jam atau setiap hari dengan kapal kayu selama 12 jam. Dari Bau-bau ke Lasalimu naik kendaraan roda empat selama dua jam, lalu naik kapal cepat Lasalimu-Wanci selama satu jam atau kapal kayu Lasalimu-Wanci selama 2,5 jam. Wanci merupakan pintu gerbang pertama memasuki kawasan Taman Nasional Wakatobi

Reaksi:

2 komentar: