Minggu, 22 Maret 2009

Pulau Togian










Pulau ynag termasuk kawasan wisata andalan dan faporit bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar negri adalah pulau Togia.Pulau yang memiliki berjuta pesona dan objek wisata yang menarik mulai dari pantai dan trumbu karang bawah lautnya.
Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Pulau Togian antara lain: Menyelam & Snorkelling (di Pulau Kadidiri), Memancing, serta menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, atau bisa mengunjungi gunung api Colo di Pulau Una-una. Wisatawan juga bisa mengunjungi pemukiman orang Bajo di Kabalutan.
Dibentuk oleh aktivitas volkanis, pulau ini ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau, dll.Kepulauan Togean yang memiliki hamparan terumbu karang terluas di Indonesia (sekitar 132.000 hektar) dikenal juga memiliki banyak spot penyelaman menakjubkan.

Dari Palu ke Ampana via Poso (375 kilometres) dengan bis atau mencarter mobil, kemudian dengan perahu dari Ampana ke Wakai dan Malenge dengan jadwal rutin setiap hari, berangkat jam 10.00 - 11.00 pagi.Pulau Togian adalah salah satu kepulauan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tojo Unauna, kabupaten pecahan dari Poso yang baru terbentuk pada awal tahun 2004.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar