Minggu, 22 Maret 2009

Danau Poso






Salah satu danau besar yang cukup terkenal disulawei tengah adalah danau Poso.Luas dan indah membuat danau ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai kot adisulawesi sebagai tempat tujuan berlibur dan beristirahat melepaskan lelah.
Danau Poso adalah yang ketiga terbesar yang ada di Indonesia. Membentang dari utara ke selatan sepanjang 32 Km dan lebar 16 Km, dengan kedalaman sampai dengan 510 Meter, dan terletak pada ketinggian 657 meter diatas permukaan laut. Air di Danau Poso sangat jernih dengan hamparan pasir putih, terutama pada bulan Oktober sampai dengan April. Hidangan masakan belut besar dan ikan gurame sering menjadi menu sajian di restoran sekitar danau.
Danau Poso memiliki luas kurang lebih 32,000 hektar, dengan panorama alam yang indah, udara yang sejuk dan hamparan pantai pasir putih serta lereng perbukitan-dan hutan di sekitamya menambah keindahan danau. Danau yang berada di ketinggian 657 meter di atas permukaan laut ini memiliki keunikan air danau yang konstan dan sangat jernih, serta tidak pemah keruh walaupun terjadi banjir pada anak sungai yang mengalir ke danau.Danau ini memiliki dua jenis warna pasir pantai; putih dan kuning keemasan yang dapat kita temui di Siuri. Berjarak sekitar 283 Kilometer sebelah selatan Kota Palu dan dapat ditempuh sekitar 8 jam dengan kendaraan beroda empat.


Danau Poso terletak di Desa Tentena Kecamatan Pamona Utara, kurang lebih 56 Kilometer dari Kota Poso atau Kota Tentena Kabupaten Poso sulawesi tengah.berada pada posisi strategis lintasan perjalanan Trans Sulawesi antara Toraja, Poso, Gorontalo dan Manado.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar