Kamis, 19 Maret 2009

museum dewantara kirti





Museum ini meskipun jarang dikunjungi wisatawan namun sering dikunjungi para pelajar ynag datang bahkan dari luar jogjakarta.Museum ini dijadikan sebagai wisata pendidikan oleh pemerintah jogjakarta bagi siswa yang ada dikota pelajar ini.
Museum Dewantara Kirti Griya atau cukup disebut Museum Kirti Griya adalah bekas kediaman Ki Hajar Dewantara sang Bapak Pendidikan Indonesia yang atas permintaannya sendiri dijadikan sebagai tempat menyimpan berbagai benda, memorabilia, dan perabotan miliknya. Museum ini berada di kompleks Perguruan Tamansiswa di jalan Tamansiswa no 31, Yogyakarta.
Keinginan untuk mengubah kediamannya menjadi museum disampaikan Ki Hadjar dalam rapat pamong Tamansiswa pada tahun 1938. Dengan museum itu, ia mengharapkan agar generasi mendatang dapat mengetahui dan mengenang perjuangan generasi sebelumnya pada. Museum yang menyimpan 3000 koleksi, mulai dari surat-surat, naskah, dan foto-foto Ki Hadjar itu dibuka untuk umum pada 2 Mei 1970.

museum tokoh milik yayasan perguruan tamansiswa ini berada dikompleks sekolah taman siswa jalan taman siswa kota yogyakarta.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar