Kamis, 19 Maret 2009

Sungai Mahakam










Sungai mahakam sudah sangat terkenal,bukan hanya dikalimantan tapi juga diseluruh indonesia.Sungai mahakam memang sangat indah adan mempunyai banyak objek wisata menarik disekitar bantaran sungainya.Selain itu juga banyak yang beranggapan jika kekalimantan timur tidak kesungai mahakam maka gak kekalimantan timur...
Mahakam merupakan nama sebuah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar. Sungai dengan panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir.
Sungai Mahakam sejak dulu hingga saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi.
Jalur sungai di Pulau Kalimantan memang dominan sebagai penghubung antar daerah. Seperti gambar diatas para nelayan dan anak-anak sudah terbiasa mengendarai ketinting (sebutan perahu kecil terbuat dari kayu) bermesin tempel. Mereka biasa menyusuri sungai mahakam untuk berbagai keperluan termasuk mencari ikan, udang dan kepiting. Harga ikan sekitar Rp 20.000/kg, udang sekitar Rp 60.000/kg, dan kepiting sekitar Rp 20.000/kg. Kedalaman sungai antara 2 - 8 m, jarak tempuh dari Handil ke Samarinda menggunakan speed boat sekitar 1,5 jam, menggunakan ketinting sekitar 3 jam dan menggunakan wooden long boat (kapal kayu) bermesin sekitar 4 jam. Semenjak 4 th lalu warga sekitar Muara Jawa dapat menggunakan angkutan umum (istilah mereka taxi) menuju Samarinda melalui Sanga-sanga sekitar 2 jam setelah dibagun Jembatan Dondang. Ya, akhirnya kapal kayu angkutan umum dari Handil - Sei Mariam - Samarinda sudah tidak ada lagi. Disepanjang tepian sungai mahakan dari Handil arah Samarinda banyak ditemui rumah-rumah panggung/pemukiman warga yang menjorok ke sungai (umumnya suku Bugis) maupun perusahaan-perusahaan seperti perkayuan, peternakan, pertambangan, minyak dan gas.
Didaerah ini terdapat peninggalan sejarah seperti Kutai Lama (cika-bakal kerajakan Kutai), Sanga-Sanga yang dikenal ada Monumen Palagan Sanga-Sanga saat TNI dan rakyat melawan penjajahan tahun 1947.

sungai mahakam masuk dalam tiga wilayah kabupaten yaitu kabupaten kutai barat, kutai kartanegara dan kota samarinda kalimantan timur

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar