Rabu, 25 Maret 2009

Kawasan Basilika dan Pulau Liwu Tongkidi




Buton selain terkenal akan aspalnya juga terkenal akan pulau2 kecil nan indah yang berada diantara pulau2 besar lainya yang mengintari pulau buton.Salah satu pulau yang sangat terkenal adalah pulau liwo ini.Pulau ini masuk dalam kawasan wisata yang dikelola oleh pemerintah buton untuk dijadikan salah satu objek wisata andalan dan banyak dikunjungi wisatawan.
Kawasan BASILIKA (Pantai Batauga, Siompu, Liwutongkidi dan Kadatua) memiliki gugusan terumbu karang dan keragaman biodiversity yang terhampar di gugusan pulau-pulau tersebut termasuk, Pulau Batu Atas dan Pulau Kawi-Kawia.
Kepulauan Basilika saat ini menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Buton dengan beberapa pertimbangan antara lain ; pertama kondisi terumbu karangnya relatif masih baik dan serupa dengan strukutur terumbu karang Wakatobi dan Taka Bonerate yang bersebelahan dengana kawasan ini; kedua Basiliki menjadi pilihan lokasi selam bagi Divers selain tujuan selam di Sulsel (Taka Bonerate), Wakatobi ataupun Bunaken.
Sementara itu, Pulau Liwu Tongkidi merupakan pulau kecil seluar 1.000 km.Pulau ini termasuk dalam kawasan pengembangan Terpadu BASILIKA (Batauga, Siompu, Liwutongkidi dan Kadatua) di Kabupaten Buton. Pulau kecil dikelilingi pasir putih ini memiliki kekayaan bawah laut berupa keanekaragaman terumbu karang dan biota laut yang masih dalam kondisi terjaga dari campur tangan manusia.


Pulau ini terletak ditengah lautan namun mudah dijangkau dari Pelabuhan Bau-Bau, ± 15 menit dengan speed boat.Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar