Senin, 07 November 2011

Pura Tirta Empul Tampak Siring

 
 
Pura Tirta Empul Tampak Siring atau lebih dikenal dengan IstanaTampak Siring selama ini dikenal sebagai tempat Istana Kepresidenan di Bali sejak masa Presiden Soekarno. Tirta Empul adalah sebuah pura yang terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasinya tepat di sebelah Istana Presiden di Tampak Siring yang dulu dibangun oleh presiden Soekarno.

Kawasan yang terletak sekitar 37 kilometer di sebelah utara kota Denpasar ini,memiliki hawa yang sejuk, dingin dan juga sangat indah. Untuk mengunjungi Istana Tampak Siring memang tak sembarang orang karena harus mengantongi ijin dari Sekretaris negara di Jakarta terlebih dahulu, atau juga harus menjadi tamu undangan pemerintah. Namun Anda dapat melihat sebagian istana dari bagian kawasan bawah Istana ini. Kita bisa melihat keberadaan  mata air abadi, Tirta Empul,

Disini juga kita bisa melihat  bagian luar kamar yang dulu sempat dihuni oleh Presiden Soekarno. Konon, menurut warga setempat, kamar tersebut hingga kini tak dihuni dan sengaja dikosongkan karena ada kekuatan mistis dalam ruangan tersebut. Sementara presiden yang berkunjung ke sini, menempati bangunan yang lain, tak jauh dari bangunan Presiden Soekarno. Pura Tirta Empul Tampak Siring biasanya digunakan sebagai tempat pemandian yang berkhasiat untuk penyakit tertentu. Tak heran jika pada tiap hari-hari tertentu banyak warga atau turis mencoba untuk merasakan sensasi mandi di air mancur yang berada disekitar pura.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar