Senin, 07 November 2011

Pura Gua Gajah



Pura Gua Gajah terletak di Blah Batuh, hanya 27 km dari Denpasar atau di Kabupaten Gianyar Bali. Pura atau kawasan Gua ini baru diketahui keberadaannya oleh sebuah tim arkeolog Belanda pada 1923. Arsitekturnya banyak dipengaruhi oleh Hindu dan Buddha, terlihat dari corak dan patung-patung yang ada disekitar gua. Gua ini tidak hanya sebagai gua biasa, namun didalam gua ini memiliki ruang meditasi rahasia bagi para imam atau petapa.

Dulu kononnya Gua ini dipakai untuk belajar dan bertapa pada jaman Raja Udayana di Bali. Nama Gua Gajah sendiri ada di Kitab NegaraKertagama yang ditulis oleh mpu Prapanca 1365 M. Gua gajah lebih dikenal dengan patung-patungnya yang sangat menyerupai Gajah atau Ganesha. Maknya tak heran jika kawasan ini sudah masuk dan terdapftar di UNESCO sebagai kebudayaan dan sejarah dunia.

0 komentar:

Posting Komentar