Senin, 21 November 2011

Kota Mamasa

























Kabupaten Mamasa adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Barat, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Mamasa, sekitar 340 km dari Kota Makassar, dapat ditempuh sekitar 6 jam dengan menggunakan mobil dari kota Pare-Pare, pusat kawasan pengembangan ekonomi terpadu di propinsi Sulawesi Selatan sekitar 190 km.Kabupaten Mamasa awalnya terdiri dari 4 kecamatan, yakni kecamatan Mamasa, Mambi, Sumarorong dan Pana, kemudian berkembang menjadi 10 kecamatan dan 123 kelurahan/desa.Jumlah penduduk Kabupaten Mamasa sebanyak 125.088 orang yang terdiri dari laki-laki 62.132 orang dan perempuan 62.956 orang.

Kabupaten Mamasa memiliki beberapa objek wisata, yaitu Wisata Budaya Kuburan Tedong-tedong di Kecamatan Balla, Minanga di Sesenapadang, Wisata Alam Air Terjun Sarambu, Permandian Air Panas di Desa Rambusaratu' Kecamatan Mamasa, Agro Wisata Perkebunan Markisa di Kecamatan Mamasa, Wisata Budaya Rumah Adat, Perkampungan Tradisional Desa Ballapeu, Tradisi Mebaba' dan Mangngaro di Nosu merupakan tradisi yang unik

Reaksi:

4 komentar:

  1. INI KAMPUNG SAYA....

    by : BLOGGER MAMASA

    BalasHapus
  2. toraja lebih terkenal dari segi pendidika,wisata dan ekonomi

    BalasHapus
  3. Rantekatoan adalah kampung saya, namun saya lahir dan dibesarkan di Makassar. Tetapi Mamasa selalu menjadi kerinduan saya, karena pemandangannya yang indah dan budayanya yang unik menjadikan Mamasa sebagai kota yang perlu mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah untuk berusaha lebih memajukan dan mengembangkan objek-objek wisata yang menjadi andalan warga Mamasa. Dengan demikian maka Mamasa akan lebih dikenal dan lebih diminati untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam maupun dari mancanegara. SDM dan SDA Mamasa cukup mendukung. Yang penting kita mau bekerja keras memajukan Mamasa sebagai kota yang kita cintai bersama. Dari Drs.Daniel Siraw, Staf Dinas SDA, Cipta Karya dan Tata Ruang Prov. Sul-Sel di Makassar.

    BalasHapus