Selasa, 29 November 2011

Kota Pasir Pangaraian Kabupaten Rokan Hulu


































Kabupaten Rokan Hulu memiliki wilayah dengan luas 7.229,78 km² yang terdiri dari 85% daratan dan 15% daerah perairan dan rawa. Secara geografis daerah ini berada pada posisi 100º50' - 101º52' BT dan 0º15' - 1º30' LU.Lebih dari 50% daerah ini berasal dari sektor perkebunan dan pertanian. Pertanian meliputi lahan seluas 302.055,69 Ha, berupa areal ladang dan persawahan. Pada tahun 2006 Kabupaten Rokan Hulu mengalami pertumbuhan ekonomi sekitar 7,2% tanpa Migas dan 6,62% termasuk Migas.

Kabupaten Rokan Hulu dibagi kedalam 14 daerah kecamatan dengan jumlah penduduk 346.848 jiwa dengan rata-rata kepadatan penduduk 47,98 jiwa/km. Ibu Kota Kabupaten berada di Kota Pasir Pengaraian sekitar 180 km dari Ibu Kota Provinsi "Kota Pakanbaru". Sementara kota penting lainnya adalah Kota Ujung Batu. Dengan mengusung visi "Mewujudkan Rokan Hulu sebagai Kabupaten Terkemuka di Provinsi Riau tahun 2016 dalam rangka memenuhi Visi Riau 2020", Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu secara berkelanjutan bekerja keras untuk meningkatkan sarana dan prasarana dengan tujuan mempermudah masyarakat dalam meningkatkan taraf ekonomi dan mempermudah para investor untuk menanamkan modal di daerah ini.

Beberapa fasilitas/ infrastruktur yang telah tersedia di Kabupaten Rokan Hulu terdiri dari transportasi darat (Terminal Penumpang dan Jaringan Jalan), sebuah lapangan terbang (dengan landasan terbang sepanjang 1.200 m dan lebar 30 m), Listrik dengan kapasitas terpasang 300 KWH, Telekomunikasi (telepon kabel, telelpon selular dan internet), Air bersih, Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik), dan Perbankan (Bank Nasional dan Daerah).Di Kabupaten Rokan Hulu terdapat beberapa sungai, 2 diantaranya adalah sungai yang cukup besar yaitu Sungai Rokan Kanan dan Sungai Rokan Kiri. Selain sungai besar tersebut, terdapat juga sungai-sungai kecil antara lain Sungai Tapung, Sungai Dantau, Sungai Ngaso, Sungai, sungai batang lubuh, Batang Sosa, Sungai Batang Kumu, Sungai Duo (Langkut) dan lain-lain.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar