Selasa, 18 Desember 2012

Kota Rantau Prapat Kabupaten Labuhanbatu


 
Kabupaten Labuhanbatu adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Rantau Prapat. Kabupaten Labuhanbatu terkenal dengan hasil perkebunan kelapa sawit dan karet.Pada mulanya luas kabupaten ini adalah 9.223,18 km², sedangkan jumlah penduduknya sebanyak 1.431.605 jiwa pada tahun 2007. Dengan dibentuknya Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan Kabupaten Labuhanbatu Utara, maka luas kabupaten ini menjadi 2.562,01 km² dan penduduknya sebanyak 857.692 jiwa pada tahun 2008. Pada mulanya jumlah kecamatan di kabupaten ini adalah 22 kecamatan. Dengan dibentuknya Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, maka jumlah kecamatan di kabupaten ini menjadi 9 kecamatan. Berikut nama-nama kecamatan tersebut:

kecamatan Bilah Barat, kecamatan Bilah Hilir, kecamatanBilah Hulu, kecamatanPanai Hilir, kecamatanPanai Hulu, kecamatanPanai Tengah kecamatanPangkatan, kecamatan Rantau Selatan dan kecamatan Rantau Utara. Sejak 24 Juni 2008, jumlah kecamatan di kabupaten Labuhanbatu berkurang dengan adanya pemekaran dari kabupaten ini, yaitu melalui pembentukan Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.Objek wisata di Kabupaten Labuhan Batu Pemandian Alam Aek Pala, di Kecamatan Bilah Barat, Air Terjun Linggahara (Air Terjun Baru) di Kecamatan Rantau Selatan, Pulau Sikantan di Tanjung Sarang Elang, Kecamatan Panai Hulu.

Status Rantau Prapat yang sebelumnya adalah kota administratif dihapuskan pada tahun 2003 menjadi kota kecamatan biasa karena tidak memenuhi persyaratan peningkatan daerah otonom.  Rantau Prapat dilalui sungai besar yang bernama Sungai Bilah. Kota ini terdapat pusat perbelanjaan yaitu Suzuya Plaza, yang dimanfaatkan warga untuk berbelanja dan sangat ramai apabila ada hari-hari besar dan liburan. Menuju ke kota ini bisa dengan Kereta Api dari Kota Medan, dengan jarak tempuh 6,5 jam.

Reaksi:

1 komentar:

  1. rantau prapat memng tttoooooop markotop ...

    BalasHapus