Rabu, 19 Desember 2012

Kota Balige Kabupaten Toba Samosir


 
Kabupaten Toba Samosir adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1998 tentang pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Toba Samosir dan Kabupaten Mandailing Natal, di Provinsi Daerah Tingkat I Sumatera Utara. Kabupaten Toba Samosir ini merupakan pemekaran dari daerah tingkat II Kabupaten Tapanuli Utara. Kota Balige adalah sebuah kecamatan sekaligus ibukota dari Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Indonesia. 
 
Di kota ini terdapat sebuah museum yang khusus memuat barang-barang peninggalan sejarah di tanah Batak, yaitu Museum Batak T.B. Silalahi, yang juga didirikan oleh seorang putra Batak berprestasi, yaitu T.B. Silalahi. Di kecamatan ini terdapat sebuah komplek sekolah yang terkenal yaitu Soposurung, dimana semua sekolah terletak berdekatan satu sama lain. Walaupun terletak berdekatan, jarang terjadi tawuran antar sekolah. Kabupaten Toba Samosir adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1998 tentang pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Toba Samosir dan Kabupaten Mandailing Natal, di Provinsi Daerah Tingkat I Sumatera Utara. Kabupaten Toba Samosir ini merupakan pemekaran dari daerah tingkat II Kabupaten Tapanuli Utara. Kecamatan yanag ada di Kabupaten Toba Samosir adalah : Kecamatan Ajibata, Kecamatan Balige, Kecamatan Bor Bor, Kecamatan Habinsaran, Kecamatan Lagu Boti, Kecamatan Lumban Julu, Kecamatan Nassau, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kecamatan Porsea, Kecamatan Siantar Narumonda, Kecamatan Sigumpar, Kecamatan Silaen, Kecamatan Tampahan Kecamatan Uluan, Kecamatan Parmaksian dan Kecamatan Bonatua Lunasi.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar