Senin, 16 Februari 2009

Candi Muara Takus


Tentunya dalam pelajaran sejarah terdapat sisa peninggalan pada masa kejayaan sebuah kerajaan diriau .Yups..namanya candi muara takus.Bentuknya sangat unik dan menawan karena masih sama seperti zaman dahulu dan belum berubah hingga sekarang.Kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter diluar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini sampal ke pinggir sungai Kampar Kanan. Di dalam kompleks ini ada bangunan candi lain yaitu candi Tua, candi Bungsu dan Mahligai Stupa serta Palangka.

candi ini merupakan satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau. Candi yang bersifat budhistis ini merupakan bukti kejayaan agama Budha berkembang di kawasan ini beberapa abad yang silam.

candi ini terletak di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar atau jaraknya kurang lebih 135 kilometer dari Kota Pekanbaru. Jarak antara kompleks candi ini dengan pusat desa Muara Takus sekitar 2,5 kilometer dan tak jauh dari pinggir sungai Kampar Kanan.

.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar