Museum Affandi

Museum Affandi diresmikan oleh Fuad Hassan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ketika itu dalam sejarahnya telah pernah dikunjungi oleh Mantan Presiden Soeharto dan Mantan Perdana Menteri Malaysia Dr.

Kota Balikpapan

Kota Balikpapan adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 503,3 km² (? luas Jakarta) dan berpenduduk sebanyak 559.126 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010).

Pantai Pink / pink Beach

Pantai Pink atau lebih dikenal sebagai Pink Beach adalah salah satu pantai terindah di dunia. Karena warna Pasir pantainya yang berbeda dari warna pasir pantai biasanya, tak heran jika pantai ini kini menjadi primadona wisata Indonesia.

Danau Paniai Papua Barat

Danau Paniai ini memang belum dikelola dengan baik oleh pemerintah kabupaten paniai.. berbeda dengan danau sentani yang ada dikota jayapura.

Wisata kampung batu Malakasari

Kawasan seluas 50.000 m2 ini adalah lahan bekas area penambangan batu alam tradisional sampai tahun 1970, kemudian bagian-bagian cekungnya terisi air hujan sehingga membentuk danau yang memiliki panorama yang unik

Minggu, 22 Juli 2012

Merubah Pandangan Belanja Online lewat LAZADA

Beberapa minggu yang lalu, saya sering sekali melihat iklan di tv tentang toko jual beli online di TV. Yang tidak kalah terkejutnya adalah iklan tersebut ditayangkan di hampir semua tv nasional dalam jam tayang tertentu. Masing-masing toko jual beli online tersebut menawarkan berbagai kelebihan dan keuntugan yang ditawarkan dalam sistem mereka. Memang tidak bisa disangkal lagi kalo beberapa tahun terakhir ini penjualan produk melalui sitem jual beli online maupun toko online sudah sangat berkembang dengan cepat sekali seiring dengan maraknya teknologi yang memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi secara online di internet.




Sekitar 2 Hari yang lalu saya sempat sedikit mengadakan survey kecil mengenai keberadaan toko online. Jujur saja hal ini didasari atas penasaran besar saya mengenai makin banyaknya toko-toko yag menjual barang secara online.

Dari 5 Orang temen di facebook dan 5 temen di twitter  10 melalui Yahoo messager yang saya pilih secara acak, ada beberapa pertanyaan yang saya tanyakan.

1. Apakah tertarik untuk berbelanja secara online?
   hasilnya :
           --> ada 16 orang menjawab tertarik
           --> 4 orang menjawab tidak 

2. Apakah pernah berbelanja secara Online?
 hasilnya :
          --> ada 8 orang menjawab pernah
          --> 12 orang menjawab tidak pernah


    -- Jika pernah !
       a. Produk apa yang sering dibeli secara online ?   
       dari 8 orang yg pernah berbelanja online  hasilnya : .
          --> 3 orang membeli pakaian dan sepatu.
          --> 3 orang membeli produk komputer
          --> 2 orang membeli buku.

       b. Apakah memuaskan belanja secara online ?
      dari 8 orang yg pernah berbelanja online  hasilnya : .

          --> 3 orang menjawab memuaskan.
          --> 6 orang menjawab tidak memuaskan

   -- Jika Tidak !
       a. Mengapa tidak pernah?     
           dari 12 orang menjawab tidak pernah .
           --> 4 orang menjawab terlalu ribet. lebih enak langsung beli ditokonya.

           --> 5 orang menjawab takut tertipu.
           --> 2 orang menjawab harga yg dijual sama dengan harga asli di toko dan
           --> 1 orang menjawab tidak ada produk yang menarik.


Ini salah satu percakapan saya dengan orang yang saya survey lewat twitter :


Berbeda dengan jawaban yang diberikan oleh orang yg saya survey melalui yahoo messeger berikut percakapan saya dengan saudari deti_samsiah 

saya : deti pernah belanja online gak?
deti  : gak pernah edi,
saya :
deti  : kenapa: ak ada alasan khusus edi, soalnya aku takut hasilnya tdk sesuai dng di gambarnya
aku lebih suka beli langsung.


Tidak jauh berebeda dengan survey yangs ay alakukan di facebook :



Itulah hasil dari survey kecil2 kecilan yang saya lakukan . Memang ini tidak menjadi patokan umum dari semua masyarakat indonesia, namun hanya memberi sedikit gambaran saja tentang kondisi yang ada. Dari 20 orang temen saya yang saya survey, mereka semua melek atau pahama terhadap ilmu teknologi khususnya dunia internet sehingga sudah sangat familiar dengan keberadaan toko online di internet.

Memang tidak bisa dipungkiri, banyakanya masayarakat yang masih enggan berbelanja secara online itu didasari oleh berbagai faktor. masyarakat kita memang masih berbeda jauh dengan negara Amerika yang masyarakatnya sudah sangat faham mengenai belanja secara online. Menurut pandangan saya ada beberapa faktor yang menjadi alasan masyarakat mengapa mereka masih enggan berbelanja secara online . Mungkin sebagian alasan tersebut sudah dikemukankan oleh beberapa orang yang saya survey tadi.

1. Ketakutan masyarakat akan produk yang ditawarkan tidak sesuai keinginan atau mereka tertipu dengan produk yang dijual.
2. Harga yang ditawarkan memang tidak terlalu jauh berbeda dengan harga pada umumnya
3. Keuntungan atau kelebihan yang ditawarkan jika kita bertransaksi secara online tidak terlalu menarik perhatian masyarakat pada umumnya.
4. Keberadaan internet yang belum sepenuhnya meyentuh  masyarakat  secara umum.


Bebarapa faktor diatas memang masih menjadi dasar yang kuat bagi masyarakat untuk dijadikan sebagai alasan mengapa hingga kini meraka masih enggan berbelanja secara online. Proses transaksi secara online memang masih dilakukan oleh kalangan menengah keatas saja yang sudah memahami dan mengerti sistem yang sedang berkembang. Namun seyogyangnya kita sebagai masyarakat yang mengerti mengenai teknologi yang berkembang hendaknya saling meyakinkan demi tercapainya bangsa yang lebih faham dan siap menerima perubahan yang ada.


Toko Online LAZADA mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Kita bisa melihat sistem yang ditawarkan oleh toko online lazada sangatlah bisa merubah pandangan masyarakat mengenai transaksi secara online terutama berbelana secara online di internet. Toko online Lazada   bisa menjawab berbagai keraguan masyarakat untuk membeli produk secara online. Diantaranya adalah :

1. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan produk aslinya.
2. Sistem yang ada tidak sult atau ribet, pembayaran bis adilakukan via transfer atau jasa lainya.
3. Banyaknya diskon yang ditawarkan pada produk tertentu terlebih saat ini bulan puasa Ramadhan.
    seperti misalnya produk Blackberry Orlando 9380


         yang harganya Rp 3.399.000 menjadi Rp    2.888.000 kita bisa hemat hingga 15 %.    

4. Keaslian dan jaminan produk yang dijual baik garansi maupun uang kembali.

5. Keamanan dalam proses tranksaksi dan kecepatan proses pengiriman barang.

Kelima alasan tersebut bisa menjadi jawaban dari berbagai pandangan negatif mengenai sistem belanja secara online. Memang kita tidak bisa mempercayainya begitu saja harus ada pembuktian. maka dari itu akan lebih meyakinkan jika kalian sendiri membeli salah satu produk di lazada.

Ingat !! Kita harus siap menerima perubahan yang ada, coba dan rasakan keuntunganya...
              

Kamis, 19 Juli 2012

Online Shopping Why not?


Perkembangan teknologi yang semakin lama semakin menggila, menuntut kita juga agar tetap harus melek terhadap perkembangan teknologi. Bukan hanya insfratrukturnya saja namun juga sistemnya yang juga kini mulai ikut mengalami perubahan yang sangat pesat.

Mungkin sekitar 10 tahun yang lalu .. hemm ( saya umur brapa ya..?) kita belum begitu mengenal yang namanya belanja online. ya mungkin sebagian masyarakat udah tau tapi tetep lebih banyak yg belum taunya. Masyarakat masih mengenal sistem belanja manual seperti pada umumnya. Datang ke pasar membawa uang untuk memebeli sesuatu yang dibutuhkan.

Sebagai contoh dikampung saya di desa Talang karet, Kabupaten mukomuko Bengkulu misalnya, Setiap hari minggu semua masyarakat dari begbagai desa datang berbondong2 ke pasar yang hanya buka seminggu sekali dan letaknya berada dipusat kecamatan. Mereka semua rela berangkat dari pagipagi buta agar cepat sampai dipasar dan tidak kehabisan barang yaang akan di beli.



Dari kasus diatas dapat diambil 2 sisi sudut pandang yang sangat berbeda. Jika kita melihatnya dari sudut pandang adat istiadat kampung, dalam proses transaksi jual beli dipasar itu kita dapat mengambil contoh nyata adanya sebuh hubungan dan komunikasi yang baik anatara pedagang dengan pembeli. selain sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat juga sebagai tempat untuk penyebaran informasi mengenai produk produk baru secara gratis.

Dari sudut pandang para pengamat ekonomi, mungkin cara itu tidak efektif dalam hal efisiensi dan ke efektivitasan dalam bertransaksi. Selain membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama  juga besarnya biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk datang kepasar yang letaknya cukup jauh dinilai sangat merugikan masyarakat.  Setidaknya dua pandangan itu yang bisa saya ambil dari kejadian sesungguhnya dan juga pelajaran disekolah mengenai sistem jual beli di pasar.
  
Awalanya saat saya tinggal di Bengkulu, saya belum pernah mendengar mengenai sistem jual beli bisa dilakukan secara online. Hal ini dikarenakan keterbatasan informasi maupun sarana dalam mendukung akses informasi melalui internet. Saya mengenal internet jujur saja saat saya duduk dikelas 2 SMA itu sekitar 6 Tahun yang lalu 2006. Sungguh ironi bukan... mungkin bukan saya saja waktu itu yang belum mengenal internet tetapi juga sebagian teman2 saya dan juga teman2 lainya yang senasib hidup jauh dari akses informasi.

Saat saya hijrah ke kota Jakarta untuk Kuliah, disanalah say amulai mengenal apa yang namnya teknologi informasi baik fisiknya maupun sistemnya. Jujur saja saya mengambil jurusan teknik informatika di salah satu universitas swasta terkemuka dijakrta. Disanalah saya benar2 tercambuk akan pengetahuan saya yang sudah sangat jauh tertinggal di banding teman-teman yang lain. Namun karena tekad yang kuat saya lambat laun mulai sejajar dengan mereka terutama dari segi ilmu mengenai IT hexxx (Bukan Sombongloh alhmdulilah IPK saya 3.54 .. amiennn).
Sudah dulu akhh ceritanya... kok saya jadi curhat ya.. maaf ya temen-temen kebawa suasana....

oke kita lanjutkannnnn....

Sebenarnya masalh utama dalam sistem jual beli online itu adalah kepercayaan masyarakat terhadap si penyedia jasa dalam proses jual beli. Memmang susah sih mendapat kepercayaan apalagi bagi mereka yang belum pernah melakukan transaki jual beli secara online. Termasuk saya sendiri sih hexx.....
Jujur saja sampai saya lulus kuliah saya belum pernah sama sekali melakukan transaksi jual beli di internet.. WHY?????/

Ada5 alasan kelasik mengapa hingga kini saya masih takut melakukan transaksi jual beli online di internet mungkin ini juga yang teman-teman rasakan....

1. Takut tertipu seperti teman-temen saya yang pernah tertipu saat jual beli.
2. Barang atau bentuk fisik yang ditawarkan kita tidak bis amelihat sendiri konsisinya kit ahanya bis aberadai2 saja lewat gambar atau foto prodak itu.
3.Proses Pembayaran yang dinilai masih susah... ribet n gak gampang .. kan lebih gampang kalo tunai *pemikiran kuno kaya saya
4.Gak ada akses internet, hexxx kecuali dikantor.. jdi jarang buka2 situs jual beli online..
5. yang terakhir ya karna saya belum pernah mencobanya jadi.. dan pastinya lagi bokek hexxxxxxxxxxxxx andai kalo duitnya banyak juga bis abeli apa aja kan...

Dari kelima alasan klasik yang gak jelas itu saya mulai belajar mengenai penerimaan perubahan informasi beserta sistem yang ada agar kita tidak tertinggal dari orang2 yang jauh lebih mengerti dan memahami akan perkembangan teknologi.


Sebelumnya jujur saja.. nieh jujur lagi ya .. saya mulai sedikit merubah pandangan saya mengenai sistem jual beli online yang semula lebih susah buat menerima kini menjadi sangat terbuka terutama saat saya melihat sendiri proses transaksi jual beli online yang dilakukan oleh teman kantor saya biar bisa meyakinkan saya bahwa bertransaksi online baik jual beli ataupun yang lainya itu tidak sepeti pemikiran negatif yang selama ini saya bayangkan.








Ketakutan saya kini mulai ditepiskan, lambat laun mulai berubah dan benar2 berubah saat sekarang ini semakin banyak orang yang melakukan jual beli di internet. Selain itu juga kepercayaan yang ditujukan oleh penyedia penjual barang atau jasa di internet juga kini semakin meningkat. salah satunya seperti toko online  lazada   ini.. sudah banyak teman2 saya yang melakukan transaksi beli di toko yang sangat terpercaya ini. Kenapa saya menyarankan toko online ini menjadi salah satu pilihan dalam bertransaksi secara online ...?

nieh ada 5 Alasan juga .

1. Keamanan yang terjamin baik dari segi kualitas barang yg dijual dan keamanan barang sampai tujuan.
2. kemudahan dalam bertransaksi bisa dilakukan berbagi cara via transfer atau pengiriman barang dll sesuai seleralahh..
3. Barang yang dijual bena2 berkualitas sesuai dengan yang dijanjikan dalam deskripsi barang. sehingga mutu dan kualitas benear2 terjamin
4. Harga yang sangat murah banyak diskon dan potongan harga lainya.. ini nieh yang biasa di cari ibu2...
5. yang terakhir ya karena gampang.. kita tinggal duduk buka internet trus pilih barang yang mau dibeli jadi dehhh tinggal nugu kiriman datang.. enak kan simple lagi..

Kemaren adek saya minta dibeliin laptop asu*s .. Setelah saya mennayakan harga laptop merek tersebut di tempat saya tinggal, ternyata harganya sungguh mengetkan.. dan ketika saya cek di  Laptop Asus hemm beda sampai  25 persen jauh lebih murah di lazada.. makanya saya bilang sama adek saya, kalo mau beli apa2 biar saya yang beliin tar tinggal dianter kesana n harganya jauh lebih murah.. tapi karena duit saya gak cukup jadi nuguin dehhh gajian bulan depan.. hexxxxxxxxxx