Jumat, 23 November 2012

Kabupaten Kudus


Kabupaten Kudus adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukota kabupaten ini adalah Kudus, berada di jalur pantai utara timur Jawa Tengah, yaitu di antara (Semarang-Surabaya). Kota ini berada 51 km sebelah timur Kota Semarang.

Kabupaten Kudus berbatasan dengan Kabupaten Pati di timur, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak di selatan, serta Kabupaten Jepara di barat. Kudus dikenal sebagai kota penghasil rokok kretek terbesar di Jawa Tengah. Selain itu Kudus juga dikenal sebagai kota santri, kota ini juga menjadi pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan. Hal itu dapat dilihat dari terdapatnya tiga makam wali/sunan, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu.
Nama "Kudus" berasal dari Bahasa Arab yang berarti suci. Kudus bukan sebagai satu-satunya kabupaten yang menyandang nama Arab di Tanah Jawa karena Kabupaten Demak juga berasal dari Bahasa Arab.
Sebagian besar wilayah Kabupaten Kudus adalah dataran rendah. Di sebagian wilayah utara terdapat pegunungan (yaitu Gunung Muria), dengan puncak Gunung Saptorenggo (1.602 m dpl), Gunung Rahtawu (1.522 m dpl), dan Gunung Argojembangan (1.410 m dpl). Sungai terbesar adalah Sungai Serang yang mengalir di sebelah barat, membatasi Kabupaten Kudus dengan Kabupaten Demak. Kudus dibelah oleh Sungai Gelis di bagian tengah sehingga terdapat istilah Kudus Barat dan Kudus Timur.
Kabupaten Kudus terdiri atas 9 kecamatan, yang dibagi lagi atas 123 desa dan 9 kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Kota Kudus. Kudus merupakan kabupaten dengan wilayah terkecil dan memiliki jumlah kecamatan paling sedikit di Jawa Tengah. Kabupaten Kudus terbagi menjadi 3 wilayah pembantu bupati (kawedanan), yaitu: (1) Kawedanan Kota (Kec. Kota, Jati dan Undaan). (2) Kawedanan Cendono (Kec. Bae, Dawe, Gebog dan Kaliwungu). (3) Kawedanan Tenggeles (Kec. Mejobo dan Jekulo).
Perkembangan perekonomian di kudus tidaklah lepas dari pengaruh perindustrian. Beberapa perusahaan industri besar yang ada di Kudus adalah PT. Djarum (Industri Rokok), Petra, PR. Sukun (Industri Rokok), PT. Nojorono, PT. Hartono Istana Teknologi (d/h Polytron - Industri Elektronik), PT. Pura Barutama (Industri Kertas & Percetakan). Selain itu di Kudus juga terdapat ribuan perusahaan industri kecil dan menengah.
Wisata Alam

    Air Terjun Monthel, di Desa Colo
    Air Tiga Rasa Rejenu, di Desa Japan
    Air Terjun Gonggomino, di Desa Rahtawu
    Air Tiga Rasa, di Desa Rejuni

Wisata Sejarah:
    Masjid Menara Kudus, di Desa Kauman
    Museum Kretek, di Desa Getaspejaten
    Tugu Identitas Kudus (Depan Matahari Departement Store), di Desa Getaspejaten
    Situs Pati Ayam, di Desa Terban
    Rumah Tradisional Kudus, di sekitar Kauman.

Wisata Keluarga:
    The Peak View Waterboom, di Desa Lau
    Waterboom Mulia Kajar, di Desa Kajar
    Kolam Renang dan Pemancingan Honocoroko, di Desa Kaliwungu
    Pesanggrahan Colo (Graha Wisata Muria), di Desa Colo
    Bumi Perkemahan Abiyoso, di Menawan
    Bumi Perkemahan Kajar, di Desa Kajar

Wisata Religi (Ziarah):
    Makam Sunan Kudus, di Desa Kauman
    Makam Sunan Muria, di Desa Colo
    Makam Sunan Kedu, (beliau berasal dari daerah Kedu dan menjadi murid Sunan Kudus), di Desa Gribig
    Makam Syeh Sadzili (dekat Air Tiga Rasa), di Desa Japan
    Makam Kyai Telingsing (Merupakan guru Sunan Kudus dan sesepuh dari Kota Kudus yang berasal dari China dengan nama asli The Ling Sing), di Desa Sunggingan.

Wisata Belanja:
    Pasar Raya Kliwon, di Desa Mlati Lor
    Ada Swalayan, di Desa Purwosari
    Mall Kudus (Ramayana), di Desa Barongan
    Kudus Extention Mall (Hypermard), di Desa Jati
    Kudus Departement Store (Matahari), di Desa Jati

  

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar