Kamis, 31 Mei 2012

Kabupaten Bangka Barat



















Kabupaten Bangka Barat merupakan salah satu bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri terbentuk berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2000 tentang pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, dan Kabupaten Belitung Timur.
Batas wilayah Kabupaten Bangka Barat berdasarkan Undang-Undang RI No. 5  Tahun 2003 adalah sebagai berikut:
  • Sebelah utara berbatasan dengan laut  Natuna
  • Sebelah timur berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bangka
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Selat Bangka
  • Sebelah barat berbatasan dengan Selat Bangka
Berdasarkan pembacaan pada Peta Rupa Bumi BAKOSURTANAL skala 1 : 250.000, wilayah Kabupaten Bangka Barat secara geografis terletak di antara : 105 o 00’ – 106o 00’ BT dan 01o 00’ – 02o 10’ LS. Luas wilayah daratan lebih kurang 3.065,79 Km² dengan wilayah administratif yang terbagi 6 (enam) kecamatan, 4 (empat) kelurahan dan 60 (enam puluh) desa.

Kota Muntok merupakan salah satu kota kecamatan yang berada dalam wilayah kabupaten Bangka Barat. Kabupaten Bangka Barat khususnya kota Muntok memiliki beberapa objek wisata kebanggaan terutama objek wisata bahari. Salah satu objek wisata bahari kebanggaan Muntok adalah pantai tanjung kalian, tanjung Ular, dan masih banyak lagi objek wisata bahari lainnya. selain Wisata bahari objek wisata lain yang juga menjadi kebanggaan masyarakat Muntok adalah pesanggrahan,wisma menumbing, rumah mayor China, serta Tugu Proklamator.

Kabupaten Bangka Barat khususnya kota Muntok merupakan kota Timah. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari masyarakat atau penduduk kota muntok berprofesi sebagai penambang timah. Selain timah masyarakat Muntok juga berprofesi sebagai seorang petani khususnya petani lada dan karet. Sekilas Mengenai Pantai Tanjung Kalian. pantai tanjung kalian yang terletak di Kelurahan tanjung ini berjarak sekitar 9 km dari kota Muntok. Di pantai Tanjung Kalian ini terdapat Mercusuar yang dibangun pada tahun 1862. Dari bagian atas mercusuar kita dapat melihat bangkai kapal peninggalan jepang pada saat perang dunia II. Selain itu disini juga terdapat pelabuhan yang menghubungkan kota Muntok dengan Palembang.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar